Karang Taruna Sebagai Ladang Berbisnis

Karang Taruna Sebagai Ladang Berbisnis

Karang Taruna Sebagai Ladang Berbisnis - Assalamu'alaikum.. Sebagai salah satu anggota Karang Taruna, tentunya saya tahu sendiri jika masalah dana akan sangat penting jika akan dan/atau sedang melaksanakan suatu kegiatan dan salah satu cara pemecahan masalah ini adalah pengajuan proposal. Pengajuan proposal kepada pihak-pihak kalangan atas menjadi hal wajib bagi Karang Taruna di desa saya sebagai persiapan suatu event/kegiatan. 

Namun, kiat lain yang bisa ditempuh untuk mengumpulkan pundi-pundi kas karang taruna adalah membuat usaha rumahan. Kita melakukan suatu usaha/pekerjaan dengan mengatas namakan karang taruna dan hasil yang diperoleh menjadi hak penuh karang taruna maupun dengan sistem bagi hasil, atau bisa dengan mengelola uang kas untuk berbisnis. Selain jiwa wirausaha kita yang terasah, hal ini bisa membuat kas karang taruna dan juga kantong kita penuh.

Dan berikut ini adalah jenis usaha kecil yang bisa dilakukan oleh anggota karang taruna:.

Mengumpulkan rekening listrik.
Karang taruna sebagai ladang berbisnis listrik
Gambar Oleh Amalia Rahmah
Cara ini telah dilakukan sejak bertahun-tahun yang lalu oleh karang taruna desa saya dan itu sangat efektif sebagai pemasukan setiap bulannya untuk kas karang taruna. Jenis usaha ini harus dibicarakan dengan warga masyarakat terlebih dahulu dalam hal persetujuan dan juga besarnya pengenaan biaya.

Bisnis jualan pulsa elektrik dan pulsa listrik.
Karang taruna sebagai ladang berbisnis pulsa
Gambar oleh Isti
Awal tahun 2017 menjadi langkah berikutnya yang dilakukan oleh karang taruna di desa saya. Dengan modal lima ratus ribu rupiah (termasuk pembelian handphone baru) yang diambil dari dana  kas pemuda yang telah terkumpul, pemuda karang taruna dapat memulai bisnisnya. Pembagian hasil harus disepakati terlebih dahulu antara operator pulsa dan pengelola keuangan karan taruna.

Bisnis makanan.
Gambar oleh Nofitri Yanti Sirait
Nah, bagi pemudi karang taruna, jika di desa kalian terdapat warung makan, tidak ada salahnya untuk melakukan bisnis yang satu ini. Keluarkan sedikit modal dari kas tentunya atas seizin pengelola karang taruna dan kemudian mengolahnya untuk membuat makanan atau gorengan tempe, bakwan, tahu dan lain sebagainya. Gorengan tersebut dapat dititipkan di warung maupun dijual sendiri sembari selfie dengan hastag #gorengangaulkarangtaruna.

Baca juga:
Hutan Gergunung, Posona Baru Kota Klaten

Ternak lele.
Karang taruna sebagai ladang berbisnis ternak lele
Gambar oleh Tatok
Ternak lele di desa saya sudah banyak yang melakukannya contohnya adalah yang dilakukan mas Tatok, gambar diatas adalah kolam lele miliknya dan baru-baru ini mas Tatok telah memanen lele. Bisnis ternak lele cocok untuk pemuda karang taruna apalagi memiliki lahan milik desa sendiri, rundingkan dengan kepala RW atau yang berwenang saat akan memulai ternak. Kolam lele bisa dijadikan tempat kumpul pemuda karang taruna sembari merawat lele. Ini akan menjadikan karang taruna semakin kompak. Saat panen lele tiba, kita bisa menjualnya kepada warga sekitar.

Sudah, itu mungkin sedikit bisnis karang taruna yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wr.wb...

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar